Jenis-jenis Media penyimpanan lengkap beserta gambarnya

 1.Media Penyimpanan Data Magnetis
  a Disket floppy atau Disket

Floppy Disk Drive atau FD adalah disk drive komputer yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di dalam nya. Floppy disk merupakan media penyimpanan sekunder yang bisa di lepas (di copot). Floppy disk pertama yang digunakan adalah disket 5 1/4", yang kemudian diganti dengan disket 3 1/2 ".

Disket yang berukuran 5 ¼ mampu menyimpan data sebesar 360 KB sampai 1,2 MB, sedangkan disket 3 1/2 mampu menyimpan data yang berukuran 360 KB sampai 1,44 MB.


b.Hard Drive atau Hard Disk

Hard disk drive (disingkat Hard Drive, HD, atau HDD ) adalah media untuk menyimpan data non-volatile. Artinya data yang di simpan pada hard disk tersebut tidak akan hilang meskipun komputer yang anda gunakan di matikan.
Hard disk terdiri dari satu atau lebih piringan yang berisi data dengan menggunakan kepala magnetic. perangkat ini di simpan di dalam casing yang terhubung pada motherboard dengan menggunakan kabel ATA, SCS, atau SATA, dan didukung juga oleh koneksi ke Power Supply (catu daya).


2. Media Penyimpanan Optik


a. Disk Blu-ray
Blu-ray Disc atau BD adalah format cakram optik yang dikembangkan oleh tiga belas konsumen elektronik dan perusahaan komputer. Perusahaan-perusahaan tersebut meliputi Dell, Hitachi, Hewlett Packard, LG, Mitsubishi, Panasonic, Sony, dan TDK.



b. Disk CD-ROM
CD-ROM adalah singkatan dari Compact Disc-Read Only Memory adalah cakram optik yang berisi data audio. sedangkan Drive CD-ROM atau drive optis adalah perangkat yang digunakan untuk membacanya.


3. Media Penyimpanan Flash

a. USB flash drive atau Flash disk

Flash disk adalah media penyimpanan data portabel. Flash disk memiliki ukuran sebesar jempol manusia dan terhubung ke komputer melalui port USB.

Flash disk adalah perangkat yang paling mudah untuk menyimpan dan mentransfer informasi. Flash disk tersedia dalam ukuran mulai dari 2 GB sampai 1 TB.


b. Kartu Memori

Kartu memori adalah jenis media penyimpanan yang sering digunakan untuk menyimpan foto, video, atau data lain pada perangkat elektronik. Perangkat yang umumnya menggunakan kartu memori adalah kamera digital, camcorder digital, laptop, MP3 player, PDA, ponsel, konsol game, dan printer.


C. SSD
SSD merupakan singkatan dari Solid-State Drive atau Solid-State Disk. SSD adalah media penyimpanan datayang menggunakan memori non-volatile sebagai alat untuk menyimpan dan mengakses data.

Berbeda dengan Hard Disk, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, yang memberikan keuntungan seperti mengakses data dan informasi yang tersimpan lebih cepat, tanpa suara, keandalan yang lebih tinggi, dan konsumsi daya yang rendah.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode hashing

Teknik pemetaan pada organisasi berkas relatif